Membuat Repository OpenWrt Lokal Untuk Update Offline

Untuk menginstal atau mengupdate paket-paket aplikasi pada OpenWrt, router OpenWrt yang anda gunakan harus terhubung ke internet, karena paket-paket yang akan anda instal tersimpan di repository yang ada di server OpenWrt.org  yang jika ingin anda instal harus diunduh terlebih dahulu ke router anda. Hal ini akan menjadi masalah jika kita sedang tidak memiliki koneksi internet atau koneksi internet sedang lelet.

Untuk mengatasi masalah diatas, anda bisa membuat sendiri repository OpenWrt di komputer anda secara lokal, jadi jika ingin instal paket, tidak membutuhkan koneksi internet selama router terhubung dengan jaringan yang sama dengan komputer anda. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat repository OpenWrt offline :


Langkah 1 : Download Semua Paket Yang Ada Di Repository OpenWrt.org

Yang pertama yang harus anda lakukan adalah men-download semua paket yang ada di repository OpenWrt.org ke komputer anda, download paket yang sesuai dengan router dan versi OpenWrt yang anda gunakan. Contohnya, saya menggunakan router TP-Link MR3020 dengan chipset Atheros AR7240 dan OpenWrt versi 14.07, maka saya akan mengunduh semua paket yang ada di http://downloads.openwrt.org/barrier_breaker/14.07/ar71xx/generic/packages/. Di link tersebut ada 7 folder, yaitu base, luci, management, oldpackages, packages, routing dan telephony yang total besar file-nya hampir mencapai 700 Megabyte. Anda harus mengunduh semua folder beserta isinya ke komputer anda, jika anda menggunakan Internet Download Manager (IDM) anda bisa memanfaatkan fitur Site Grabber.


Langkah 2 : Siapkan Localhost di Komputer Anda

Karena komputer anda akan bertindak sebagai server repository OpenWrt, maka di komputer anda harus terinstal software untuk membuat Localhost, seperti XAMPP. Saya sudah pernah menulis tutorial tentang instalasi XAMPP di Windows disini

Setelah XAMPP terinstal, copy folder-folder yang sudah anda unduh dari repository OpenWrt ke folder webserver localhost, (misalnya : C:\xampp\htdocs\openwrt)


Langkah 3 : Koneksikan Router Ke Komputer

Hubungkan router anda dengan komputer sehingga berada di jaringan yang sama, bisa menggunakan media kabel atau nirkabel.


Langkah 4 : Ubah File opkg.conf

Secara default, file opkg.conf akan mengarahkan anda ke repository yang berada di server openwrt.org, karena anda akan menggunakan repository OpenWrt offline, maka anda harus merubah isi dari file opkg.conf dengan perintah :

root@openwrt# vi /etc/opkg.conf

Ubah link http://downloads.openwrt.org/barrier_breaker/14.07/ar71xx/generic/packages/ pada opkg.conf menjadi http://192.168.1.239/openwrt/ (IP Sesuaikan dengan IP komputer anda).

Setelah file opkg.conf diubah, jangan lupa untuk mengupdate repository anda dengan perintah :

root@openwrt# opkg update

Jika update repository berhasil, berarti anda telah sukses membuat repository OpenWrt offline.

Selamat mencoba!
Judul : Membuat Repository OpenWrt Lokal Untuk Update Offline
Deskripsi : Untuk menginstal atau mengupdate paket-paket aplikasi pada OpenWrt, router OpenWrt yang anda gunakan harus terhubung ke internet, karena...

0 Response to "Membuat Repository OpenWrt Lokal Untuk Update Offline"

Posting Komentar

Silahkan kirimkan komentar anda.

Copyright © 2014 Sistem Komputer
Bagian dari JIPRAK dot COM