Mengenal Bahasa Pemrograman Python

Python adalah salah satu dari sekian banyak bahasa pemrograman yang ada di dunia, Python termasuk salah satu yang bisa dibilang paling populer. Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang sifatnya intrepreter, interaktif, object oriented dan bisa dijalankan hampir di semua platform (multi-platform). Python dapat digunakan oleh siapa saja dan dimana saja dengan gratis, anda bisa mengunduh IDE Python di situs resmi pyhton, www.python.org.

  
Python diciptakan oleh Guido van Rossum pada tahun 1991 di Amsterdam, Belanda. Python berkembang dengan sangat cepat berkat dukungan dari komunitas-komunitas Python di seluruh dunia.Banyak program-program yang bisa dibuat dengan Python, mulai dari kalkulator sederhana, penghitung bangun ruang, hingga membuat sebuah game.

Sebagai awal pengenalan Python, dibawah ini ada sebuah program Python yang sangat sederhana, hanya untuk menampilkan 3 baris teks dengan perintah "print", anda bisa menggunakan aplikasi text editor apa saja, jika anda pengguna Windows, saya sarankan menggunakan text editor Notepad++. berikut ini baris kode nya :

print("")
print("Hello world!")
print("")
print("My first Python Program")
print("")
print(":P")
print("")

Setelah selesai dengan baris kode diatas, simpan dengan nama "hello.py". Ingat, karena kita menggunakan bahasa Python, ekstensi file yang digunakan adalah ".py". Setelah file hello.py disimpan, jalankan menggunakan Command Prompt (Windows) atau Terminal (Linux), dengan mengetikkan "hello.py" di shell, sebelumnya pastikan posisi direktori sudah berada di tempat anda menyimpan file hello.py. Berikut ini adalah tampilan jika program hello.py dijalankan :


Judul : Mengenal Bahasa Pemrograman Python
Deskripsi : Python adalah salah satu dari sekian banyak bahasa pemrograman yang ada di dunia, Python termasuk salah satu yang bisa dibilang paling ...

0 Response to "Mengenal Bahasa Pemrograman Python"

Posting Komentar

Silahkan kirimkan komentar anda.

Copyright © 2014 Sistem Komputer
Bagian dari JIPRAK dot COM