Cara Membuat Localhost di Komputer Windows

Cara Membuat Localhost di Komputer Windows - Localhost, bagi anda yang kesehariannya sering berhubungan dengan komputer dan jaringan komputer mungkin sudah tidak asing dengan istilah ini. Apa sih sebenarnya localhost itu? Menurut Wikipedia, localhost berarti "komputer ini", ya memang localhost merupakan istilah yang berarti komputer sendiri atau bisa juga disebut server yang berdiri sendiri.

Untuk menjalankan halaman web dengan skrip PHP di komputer anda, anda mutlak memiliki perangkat lunak untuk menjalankan server localhost, jika tidak, halaman web tidak akan terbaca oleh web browser anda. Oleh karena itu, kali ini saya akan berbagi ilmu tentang bagaimana cara menginstall perangkat lunak localhost di komputer Windows anda. 

Sebenarnya ada banyak jenis perangkat lunak untuk menjalankan server localhost, tapi yang akan saya gunakan dalam tutorial kali ini adalah XAMPP yang merupakan perangkat lunak besutan Apache Friends. Dalam XAMPP sudah ada Apache untuk web server, PHP, MySQL dan Perl. Berikut ini langkah-langkah instalasi XAMPP nya.
  1. Download installer XAMPP for Windows di situs resmi Apache Friends (https://www.apachefriends.org), installer XAMPP besarnya sekitar 140 Megabyte.
  2. Jalankan installer XAMPP yang sudah anda download, tunggu hingga XAMPP selesai ter-install di komputer anda.
  3. Buka XAMPP Control Panel yang ada di Start Menu anda, maka tampilan control panel dari XAMPP akan muncul.
  4. Untuk melakukan pengujian, coba start service Apache dengan cara meng-klik button "START", tunggu beberapa detik sampai status service berubah.
  5. Buka web browser anda, dan ketikkan "localhost" atau "127.0.0.1" pada address bar browser anda, jika anda dialihkan ke halaman awal XAMPP, berarti anda telah berhasil menginstall server localhost di komputer anda.
Tampilan Control Panel XAMPP
Halaman Default Web Localhost XAMPP

Judul : Cara Membuat Localhost di Komputer Windows
Deskripsi : Cara Membuat Localhost di Komputer Windows - Localhost, bagi anda yang kesehariannya sering berhubungan dengan komputer dan jaringan kom...

0 Response to "Cara Membuat Localhost di Komputer Windows"

Posting Komentar

Silahkan kirimkan komentar anda.

Copyright © 2014 Sistem Komputer
Bagian dari JIPRAK dot COM