Cara ExtRoot OpenWrt

Bagi anda yang menggunakan OpenWrt di router anda, pasti akan mengalami kekurangan memori internal untuk menginstal paket-paket aplikasi di router anda. Karena kebanyakan router hanya memiliki memori internal yang sangat kecil, contohnya yang saya gunakan adalah TP-Link MR3020 yang hanya memiliki memori internal sebesar 4 megabyte yang jika sudah terinstal OpenWrt hanya tersisa sekitar 400 kilobyte, jumlah yang sangat kecil untuk menginstal paket-paket aplikasi. 

Ada cara untuk menambah memori internal router OpenWrt anda, yaitu ExtRoot. ExtRoot adalah cara untuk ‘memindahkan’ file system yang ada di memori internal anda ke media penyimpanan eksternal yang bisa menggunakan flash disk USB atau harddisk eksternal. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan ExtRoot pada router OpenWrt anda :


Langkah 1 : Format Flashdisk atau Hardisk

Karena OpenWrt merupakan sistem operasi Linux, maka anda membutuhkan media penyimpanan dengan file system ext4. Untuk memformat media yang anda gunakan menjadi ext4, anda bisa menggunakan aplikasi MiniTool Partition Wizard (untuk Windows) atau GParted (untuk Linux).


Langkah 2 : Instalasi Paket Yang Dibutuhkan

Ada 3 paket aplikasi yang dibutuhkan untuk melakukan ExtRoot di router OpenWrt anda, yaitu kmod-usb-storage, kmod-fs-ext4 dan block-mount. Anda bisa menginstal paket-paket yang dibutuhkan melalui SSH menggunakan aplikasi Putty. Sebelum melakukan instalasi paket, jangan lupa update package list. Berikut ini perintahnya :

#Update package list terlebih dahulu
opkg update
#Lalu instal paket aplikasi yang dibutuhkan 
opkg install kmod-usb-storage kmod-fs-ext4 block-mount

Setelah ketiga paket aplikasi terinstal, colokkan media penyimpanan anda ke port USB pada router OpenWrt anda, lalu cek apakah media penyimpanan anda terdeteksi atau terbaca oleh OpenWrt dengan perintah :

ls /dev/sd*

Jika muncul sda0 atau sda1, berarti media penyimpanan anda sudah terbaca, bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya, jika tidak terbaca, coba restart router anda dengan perintah :

reboot


Langkah 3 : Copy File System Ke Flashdisk Atau Harddisk 

Langkah selanjutnya adalah menyalin file system OpenWrt ke media penyimpanan eksternal, caranya dengan perintah-perintah dibawah ini (satu perintah per baris) :

mkdir -p /mnt/sda1 
mount /dev/sda1 /mnt/sda1 
mkdir -p /tmp/cproot 
mount --bind / /tmp/cproot 
tar -C /tmp/cproot -cvf - . | tar -C /mnt/sda1 -xf - 
umount /tmp/cproot 
umount /mnt/sda1

Perintah diatas digunakan jika media penyimpanan eksternal yang digunakan terbaca sebagai sda1, jika bukan sda1, tinggal menyesuaikan saja.


Langkah 4 : Edit File Fstab

Langkah terakhir adalah mengedit file fstab yang ada di /etc/config/fstab. Untuk mengedit file fstab, anda bisa menggunakan aplikasi editor teks Vi dengan perintah :

vi /etc/config/fstab

Bagian yang harus anda ubah adalah :

option target /home
option enabled 0

Bagian diatas harus anda ubah menjadi :

option target /
option enabled 1


Langkah 5 : Restart Router 

Setelah selesai dengan langkah-langkah diatas, anda harus merestart router OpenWrt anda dengan perintah :

reboot

Setelah itu anda bisa mengecek apakah memori internal router OpenWrt anda sudah bertambah atau belum dengan menggunakan perintah :

df -h

Selamat mencoba!
Judul : Cara ExtRoot OpenWrt
Deskripsi : Bagi anda yang menggunakan OpenWrt di router anda, pasti akan mengalami kekurangan memori internal untuk menginstal paket-paket aplikasi ...

0 Response to "Cara ExtRoot OpenWrt"

Posting Komentar

Silahkan kirimkan komentar anda.

Copyright © 2014 Sistem Komputer
Bagian dari JIPRAK dot COM