Mengenal Arduino

Arduino adalah sebuah papan elektronik open source yang di dalamnya terdapat komponen utama yaitu sebuah chip mikrokontroler AVR yang di produksi oleh Atmel. Mikrokontroler sendiri adalah chip atau IC (integrated circuit) yang bisa diprogram menggunakan komputer. Program yang dimasukkan kedalam mikrokontroller bertujuan untuk membuat rangkaian elektronik yang terhubung dengan mikrokontroller dapat membaca dan memproses input yang diberikan dan menghasilkan output sesuai dengan program yang ditanamkan. Misalnya jika program yang diinput ingin mengedipkan sebuah lampu LED setiap 5 detik, maka output yang dihasilkan adalah sebuah lampu LED yang akan berkedip setiap 5 detik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa mikrokontroller adalah 'otak' yang bertugas untuk menerima input, memproses input dan menghasilkan output pada sebuah rangkaian elektronik.


Banyak sekali alat yang bisa dibuat dengan menjadikan Arduino sebagai 'otaknya', mulai dari yang sederhana seperti mengedipkan lampu LED, hingga membuat sebuah Helicopter atau Quadcopter yang dikendalikan menggunakan sebuah smartphone berbasis Android.

Quadcopter dengan Arduino. Sumber. : DIYDrones
Dengan Arduino, anda tidak memerlukan chip programmer, karena di dalam Arduino sudah tertanam bootloader yang akan menangani program-program yang anda unggah dari komputer anda. Arduino juga memiliki port USB, sehingga anda tidak memerlukan port serial/RS32. Para pengembang Arduino terserbar diseluruh dunia dan kebanyakan dari mereka akan mengunggah program buatannya ke internet, sehingga bisa anda kembangkan lag sendiri. Yeah, the power of open source! 

Arduino Uno
Karena Arduino merupakan open source, semua orang bebas menirunya dan membuat sendiri papan mikrokontroller yang kompatibel dengan Arduino, di Indonesia, yang paling populer adalah MurMerDuino buatan RobotUnyil.com. Arduino 'rasa' Indonesia ini dijual dengan harga yang cukup murah, untuk MurMerDuino dengan ATMega8 dijual dengan harga 155.000 Rupiah, sedangkan MurMerDuino dengan ATMega328 dijual seharga 180.000 Rupiah. Wow!
MurMerDuino. Sumber : Kaskus
Jadi bagaimana? Tertarik belajar Arduino?
Judul : Mengenal Arduino
Deskripsi : Arduino adalah sebuah papan elektronik open source yang di dalamnya terdapat komponen utama yaitu sebuah chip mikrokontroler AVR yang di pr...

0 Response to "Mengenal Arduino"

Posting Komentar

Silahkan kirimkan komentar anda.

Copyright © 2014 Sistem Komputer
Bagian dari JIPRAK dot COM